Menggurat Visi Kerakyatan

Peniti LPM Manifest: Angkat Jurnalisme Komunitas Sebagai Pengembang Daerah

62

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Manifest  Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember (FTP-UJ) menyelenggarakan rangkaian acara Peniti (Pekan Seni Jurnalistik). Pada Sabtu pagi (15/03) merupakan pembukaan acara yang bertempat di aula FTP-UJ.  Peniti  merupakan acara yang terdiri dari beberapa subacara yang diantaranya: Pelatihan Kamera Lubang Jarum, Sayembara Peniti, Talkshow Jurnalisme Komunitas dan Makrab (Malam Keakraban).

Achmad Nafi’, S.TP, M.P, Pembina LPM Manifest, dalam sambutannya memberikan dukungan atas diadakannya acara tersebut. “Saya berharap serius, karena ini merupakan titik awal bagi peserta dan panitia untuk mengembangkan bakatnya,” kata Nafi. Acara tersebut dibuka resmi dengan pemukulan gong 3 kali  oleh Achmad Nafi.

Radhiyan Pratiwi, ketua panitia Peniti mengungkapkan bahwa Serangkaian acara tersebut merupakan acara terbesar yang diadakan oleh Manifest pertama kali. cara tersebut akan menjadi acara rutin tahunan manifest. “Acara ini memang acara rutinan peniti dari manifest itu sendiri. Acara terbesarnya Manifest, tapi ini kita baru mulai tahun ini, ini acara yang pertama Peniti.” Kata Radhiyan.

Lewat rangkaian acara Peniti ini pun LPM Manifest bermaksud mengenalkan jurnalistik kepada publik, terutama komunitas-komunitas yang ada di Jember agar dapat mengembangkan potensi daerah. “Kan komunitas-komunitas itu ada di tiap daerahkan nah lewat jurnalisme itu nanti diharapkan dapat mengembangkan mengekspolarasi potensi daerahnya gituloh lewat tulisan,” ujar Radhiyan.[]

 

Penulis: Fyrus Zakiyyah
Editor: Kholid Rafsanjani