Menggurat Visi Kerakyatan

Adakan PJTD, LPKM Sinvesta Tanamkan Komitmen Anggota Baru

63

Lembaga Pers Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (LPKM) Sinvesta mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD). Bertempat di ruang kuliah 4 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember (FKM-UJ), berlangsung sejak Sabtu (15/03) hingga Minggu (16/03). PJTD bertema “Satukan Semangat Muda, Perkaya Wawasan dengan Berita untuk Membangun Bangsa” ini pun diikuti oleh dua belas peserta dan dihadiri oleh undangan dari beberapa LPM di Jember.

Terdapat lima materi yang akan diberikan dalam dua hari pelatihan jurnalistik ini. “Agenda hari pertama adalah wawasan jurnalisme, teknik reportase dan sistematika penulisan, serta desain grafis. Agenda hari Minggu, yaitu jenis-jenis tulisan dan fotografi.” Ujar Dita Anggia DP, Pimpinan Umum LPKM Sinvesta. Selain pemberian materi, Dita juga mengungkapkan bahwa di akhir materi pada hari kedua, seluruh peserta akan diajak untuk mengikuti fun game, sekaligus pengenalan divisi kerja dalam LPKM Sinvesta.

Saaat ditanya mengenai antusiasme selama mengikuti pelatihan jurnalistik, Dita mengapresiasi semangat dari peserta dalam menerima materi-materi pelatihan sejak awal. “Saya melihat niat mereka untuk ikut PJTD tidak hanya ikut-ikutan saja, tapi nanti mereka akan bergabung untuk LPKM Sinvesta dan membantu berkembangnya LPKM Sinvesta sendiri,” ujar Dita.

Sementara itu, Rafika Respita Sari, ketua panitia pelatihan jurnalistik ini mengungkapkan bahwa selepas mengikuti PJTD, anggota-anggota baru akan ditugaskan untuk membuat media berupa bulletin. Selanjutnya, masing-masing anggota tersebut akan ditempatkan pada divisi-divisi kerja dan mulai mengerjakan produk-produk dari masing-masing divisi.

Pembagian divisi-divisi kerja secara langsung ini, kata Rafika, merupakan agenda kerja yang telah ditetapkan sejak kepengurusan sebelumnya. Anggota baru langsung menjadi anggota tetap tanpa melewati sistem permagangan terlebih dahulu.  “Di LPKM Sinvesta, sejak dulu belum ada sistem magang, nggak seperti di LPM lain. Dan Pimpinan Umum kami, berencana pengen menerapkan sistem magang, dan masih butuh belajar dengan LPM-LPM lain,” ujar Rafika.

Selanjutnya, Rafika mengutarakan harapannya terhadap anggota baru LPKM Sinvesta selepas mengikuti PJTD ini agar, “Lebih berkomitmen kepada LPKM Sinvesta, tidak hanya pada saat PJTD tapi untuk selanjutnya. Bisa lebih meningkatkan gebrakan, biar LPKM Sinvesta lebih dikenal. Juga, Prokernya dapat berjalan dengan baik, nggak tersendat-sendat,” ungkapnya. []

 

Penulis: Siti Hanifa
Editor: Kholid Rafsanjani