Menggurat Visi Kerakyatan

Bagaimana Menjadi Kontributor ideas.id?

Sebagaimana genealogi portal berita ideas.id, fokus loyalitas media ini murni kepada publik. Di sisi lain secara esensial media berfungsi sebagai penyalur gagasan, pengontrol kebijakan, pemantau fenomena sosial, dan sarana pembelajaran. Sebagian besar apa yang disampaikan oleh ideas.id berdasarkan pertimbangan bukan apa yang publik inginkan. Akan tetapi apa yang seharusnya diketahui atau informasi macam apa yang dibutuhkan oleh publik.

Jika anda tertarik, peduli, dan prihatin terhadap fenomena sosial di sekitar anda, buruknya budaya literasi atau pengawalan terhadap kebijakan kampus. Berikut adalah keterangan teknis penulisan beserta penjelasan masing-masing rubrik yang tersedia untuk kontributor:

Ngobrol

Rubrik khusus berisi review hasil tanya jawab dengan satu narasumber yang kompeten pada bidang tertentu (isu lingkungan, pengembangan komunitas, wacana jurnalistik, pegiat literasi, dan sebagainya). Setiap hasil tanya jawab yang dikirim berisi 7-15 pertanyaan. Sertakan foto dan biografi singkat narasumber anda.

Kolom

Memuat tulisan berupa ulasan atau gagasan baik dari redaksi maupun kontributor. Sebagai upaya untuk merespon isu kekinian maupun membangkitkan ulang isu penting yang telah lama ditinggalkan. Jenis tulisan esai, artikel, atau opini. Panjang tulisan minimal 700 kata.

Acara

Media partner adalah suatu bentuk kerjasama yang terjalin antara penyelenggara event dengan LPM Ideas. Bentuk kerjasama yang dimaksud merupakan bantuan penyebaran informasi kegiatan atau event di Media Sosial  LPM Ideas ataupun rubrik acara website ideas.id

Kami bersedia mempromosikan kegiatan anda. Pada nantinya kami akan berlaku sebagai penampung kumpulan poster atau alat publikasi yang lain mengenai kegiatan komunitas, organisasi, LSM, paguyuban, atau institusi. Berisi kegiatan tidak menyalahi visi dan misi LPM Ideas. Tidak menutup kemungkinan akan disertai informasi berupa teks. Kirim file dalam bentuk *.jpg dan teks pendukung dalam file msword *.doc (bukan *.docx).

Syarat dan Ketentuan:

  1. Pihak pemohon kerjasama wajib memenuhi syarat dan prosedur media partner yang telah ditetapkan oleh LPM Ideas.
  2. LPM Ideas hanya menerima media partner yang berkaitan dengan kegiatan akademik, seperti: seminar, workshop, perlombaan atau kegiatan akademik lainnya dan tidak menerima media partner yang mengandung politik, pornografi, penipuan, dan SARA.
  3. Pihak pemohon mengirimkan surat permohonan kerjasama melalui email
  4. Panitia kegiatan wajib mengikuti akun instagram LPM Ideas @persmaideas (minimal 15 orang)
  5. Pihak pemohon mengisi link formulir untuk mendaftarkan kegiatan.
  6. Event atau kegiatan yang dipublikasi oleh LPM Ideas minimal diselenggarakan 7 hari atau selambat-lambatnya 5 hari dari tanggal pelaksanaan kegiatan.

Kategori Publikasi

Pihak pemohon kerjasama dapat memilih publikasi melalui media sosial LPM Ideas (instagram) atau dalam rubrik acara website Ideas.id.

Alur

  1. Pihak pemohon wajib mengikuti syarat dan ketentuan publikasi yang sudah dibuat oleh LPM Ideas
  2. Pihak pemohon wajib mengirimkan surat permohonan melalui email ideas@gmail.com
  3. Pihak pemohon menghubungi narahubung untuk melakukan konfirmasi.
  4. Pihak pemohon mengisi formulir biodata dan kegiatan di link berikut: https://forms.gle/GFjPcupPzZRHJ65W8
  5. Media partner yang dibagikan sesuai dengan kategori publikasi yang dipilih.
  6. Proses publikasi akan dilakukan ± 2 hari.

Etalase

Berisi resensi karya sastra (Fiksi, Nonfiksi, Film, Album musik). Disarankan memuat data lengkap karya. Misal, untuk buku: nama penulis, penerbit, tahun terbit, tebal, dan gambar sampul. Setiap karya minimal 700 kata.

Sastra

Berisi karya sastra berupa cerita pendek dan puisi. Karya sastra dikirmkan ke email LPM Ideas dengan disertai data diri. Setiap karya minimal 700 kata, kecuali untuk puisi harus berjumlah minimal 3 puisi.

Panduan penulisan secara umum:

  • Tulisan bukan hasil plagiasi.
  • Menggunakan bahasa Indonesia yang kaya, lentur, dan komunikatif. Sebisa mungkin hindari istilah asing, jargon, hujatan, dan istilah teknis.
  • Upayakan tulisan dalam format file msword *.doc(bukan *.docx), ditambah data pendukung berupa foto sangat disarankan, berukuran 660×400 pixel dalam format *.jpg.
  • Menyertakan profil atau biografi singkat anda (meliputi nama lengkap, profesi, nomorhandphone, dan aktivitas terkini yang anda geluti).
  • Redaksi berhak untuk melakukan penyuntingan tanpa mengubah esensi dari tulisan.
  • Hak cipta tulisan ada pada penulis. Untuk pemakaian tulisan di luar Ideas.id, redaksi akan meminta izin terlebih dahulu kepada penulis bersangkutan.

Fotografi

Berisi kumpulan foto-foto jurnalistik dengan isu yang tidak ditentukan (bebas).  Kriteria foto yang dapat dikirim adalah sebagai berikut.

  • Jumlah foto minimal 3 dan maksimal 5.
  • Tidak harus foto dengan kamera.
  • Mengandung nilai jurnalistik
  • Setiap foto diaertai caption dari pengirim.  (foto dengan angle yang sama, dijadikan berdampingan dengan 1 caption)
  • Melewati tahap seleksi dan kesepakatan.
  • Untuk foto yang sifatnya terikat dengan waktu atau foto hard news (aksi, acara, dan sejenisnya), diusahakan jeda dari hari peristiwa sekitar 1-2 hari.
  • File dikirim dalam bentuk dokumen.

Semua kiriman silahkan dialamatkan ke alamat email lpms.ideas@gmail.com. Kami terbuka sekali untuk berdiskusi terlebih dahulu sebelum anda mengirimkan tulisan atau karya anda. Mari berjejaring dan saling menguatkan. Salam Persma!