Menggurat Visi Kerakyatan

Memperingati Bulan Bahasa, LPMM Alpha Adakan Bazar Buku dan Berbagai Lomba

158

Tak seperti biasanya, pagi tadi (20/10) lapangan basket Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Jember (UJ) dipenuhi meja dengan buku yang ditata rapi. Lembaga Pers Mahasiswa MIPA (LPMM) Alpha yang mengadakan kegiatan peringatan bulan bahasa dengan tema Grow Up Jurnalism Culture. Acara yang dibuka sekitar pukul 08.00 WIB tadi menyuguhkan beberapa rangkaian acara.

“Acara ini akan berlangsung selama seminggu mulai dari tanggal 20 sampai tanggal 26 Oktober. Agar peringatan bulan bahasa ini terlihat beragam kita mengadakan bazar buku dan beberapa lomba,” pungkas Nurul Mahmuda selaku ketua panitia. Lomba-lomba yang ada dalam acara peringatan bulan bahasa itu antara lain lomba musikalisasi puisi, menjadi reporter, karikatur, menulis cerpen, dan fotografi.

Dalam sambutannya ketika membuka acara, Prof. Dr. Kusno, DEA. Ph.D., Dekan FMIPA UJ, mengungkapkan petingnya budaya membaca dan menulis karena dia menganggap sebuah tulisan adalah warisan yang akan selalu diingat. “Nasihat saya ini lima menit bakal dilupakan, tapi jika kita menulis maka kita memberikan warisan turun temurun,” ungkap Kusno.

Menurut Ika Wahyuni pemimpin umum LPMM Alpha, acara ini diadakan untuk mengajak masyarakat lebih dekat dengan budaya literasi yang semakin kesini semakin pudar. “Tujuan kita sebenarnya bisa meningkatkan budaya literasi di masyarakat, terutama mahasiswa di UJ,” ungkap Ika. Selain itu dalam acara ini Ika juga ingin memperkenalkan dan mengembangkan budaya jurnalistik di kalangan mahasiswa.

Acara yang bekerjasama dengan beberapa penerbit lokal dan nasional ini menghadirkan banyak buku dari berbagai genre dan berbagai disiplin ilmu. “Dalam bazar buku ini kami tidak cuma menjual buku-buku yang berhubungan dengan sains dan teknologi saja, juga ada buku-buku tentang jurnalistik, hukum, dan sosial,” tutur Ika.

Ika juga menambahkan, dengan membaca masyarakat dan khususnya mahasiswa bisa lebih berani untuk mengkritisi sesuatu.