Menggurat Visi Kerakyatan

Grow Up Jurnalisme Culture, Mengajak Mengkaji Ulang Hedonisme

77

Dalam rangkaian acara peringatan bulan bahasa yang diadakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa MIPA (LPMM) Alpha, berbagai lomba diadakan. Antara lain lomba fotografi, musikalisasi puisi, karikatur, menulis cerpen dan menjadi reporter. Ika Wahyuni, Pemimpin Umum LPMM Alpha mengatakan bahwa berbagai lomba itu digelar dengan tema yang sama, yaitu hedonisme.

Berawal dari kegelisahan kawan-kawan LPMM Alpha yang melihat tingkah laku kalangan anak muda yang lebih mementingkan hal-hal yang individualistik dan obsesi semata, maka hedonisme diambil sebagai tema lomba dalam acara ini. “Kita melihat disekitar kita, budaya hedon itu semakin banyak di setiap kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, om-om dan tante-tante. Seolah-olah kebiasaan itu semakin beragam,” ungkap Nurul Mahmuda selaku ketua panitia peringatan bulan bahasa.

Selain menumbuhkan budaya literasi, acara ini juga ingin menggali ulang hedonisme yang mempengaruhi kalangan anak muda sekarang. “Harapan kita bisa mengkritisi budaya hedon yang terjadi, tidak dilewatkan begitu saja. Fenomena hedonisme ini juga banyak berpengaruh di kalangan anak muda,” ungkap Ika.

Dengan diadakannya acara ini Ika berharap dapat menumbuhkan budaya kritis terhadap fenomena-fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar. “Kita pengen semua orang mengkritisi dan mengenal baik serta buruknya dari fenomena hedonisme ini,” tambahnya.