Menggurat Visi Kerakyatan

Aplikasi Seni UKM Komsi, Kenalkan Kejujuran dalam Berkesenian

198

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Komsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember menggelar panggung Art Orientation pada Senin (24/02). Bertempat di Aula STAIN Jember, penyelenggara bermaksud memberi ruang kreasi anggota muda UKM Komsi. Selain itu UKM Komsi pun ingin menanamkan sikap jujur dalam berkesenian.

Miftahul Fadli Kamal, ketua panitia pementasan, mengatakan bahwa pihaknya hendak mengajak dalam berkesenian kepada setiap anggota muda UKM Komsi. “Orang berkesenian itu harus jujur. Entah jelek atau bagus hasil karya kita buat,  yang penting ditunjukkan dulu dengan sejujur mungkin,” ungkapnya.  Kamal juga menambahkan, bahwa aplikasi tersebut bertujuan untuk mencetak kader  yang lebih baik dari angkatan sebelumnya.

Acara aplikasi ini dibagi menjadi dua fase. Penampilan tari dan teater di fase pertama, serta musik dan seni rupa di fase kedua. Fase pertama menampilkan dua tarian daerah, yaitu tari Cublek-Cublek Suweng dari Jawa Tengah dan tari Tri Panjalu dari Banyuwangi. Sementara itu UKM Komsi juga menampilkan naskah teater “Petani Adigugat” yang disutradarai oleh Annisa.

Fase Kedua akan diselenggarakan pada tanggal 26 Februari di tempat yang sama, mementaskan dua bidang UKM Komsi lainnya yaitu musik dan seni rupa. Keempat bidang kesenian UKM Komsi tersebut  dipentaskan sendiri oleh 17 anggota muda UKM Komsi.

Apreasiasi serupa diungkapkan oleh salah seorang penonton, “cerita teater yang dipentaskan oleh teman-teman UKM Komsi ini merupakan cerita yang paling bisa aku pahami, dan keren buat ceritanya,” tukas Dimas, mahasiswa Politeknik Negeri Jember yang tergabung dalam UKM Lumut.

Acara berdurasi  tiga setengah jam ini ditutup dengan apresiasi yang diikuti oleh anggota internal dan penonton yang turut menyaksikan pementasan. Tata panggung dan pementasan teater mendapat apresisi yang baik. “Perasaan saya senang sekali malam ini, karena apa yang selama ini kami lakukan mendapat apresiaisi yang sangat wah,” ujar Nindy, salah satu anggota muda UKM Komsi. []

 

Penulis: Dewi Anggraini Pramono
Editor: Siti Hanifa