Menggurat Visi Kerakyatan

Workshop Puisi “Proses Kreatif Menuju Inovatif”

1.708

Sastra Kembali Berpuisi (SKB) merupakan salah satu program kerja Koordinator Bidang Puisi yang diadakan untuk membangkitkan gairah berpuisi di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember (FIB UJ). SKB sendiri sudah pernah dilaksanakan satu kali dan kali kedua ini SKB diisi dengan workshop puisi dengan mendatangkan pemateri 5 Leak.

Workshop ini memiliki tema kondisi puisi saat ini. Tema ini diambil berdasarkan rasa ingin tahu mengenai pemahaman dan penjelasan secara keseluruhan tantang bagaimana keadaan puisi saat ini. Diharapkan dengan mengetahui hal ini, daya tarik masyarakat terhadap puisi semakin meningkat.

Sosiawan Leak telah menyelesaikan studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. Pengalaman menulisnya dimulai sejak 1987. Tulisannya berupa puisi, esai, dan naskah lakon. Selain itu dia juga menjadi aktor dan sutradara beberapa grup teater di Solo. Dan telah diundang ke berbagai event internasional.

Apa yang diperoleh dari workshop ini adalah:
– Pemahaman mengenai puisi dan keterkaitannya dengan ilmu akademik
– Pengkajian puisi langsung menggunakan buku Sajak Hoax
– Pengkaryaan penulisan dan pembacaan puisi
– Pandangan Sosiawan Leak mengenai kondisi puisi saat ini

Sasaran peserta adalah Umum, khususnya siswa SMA dan Mahasiswa. Bertempat di Aula FIB UJ. Waktu pelaksanaan pada 29 April 2018, pukul 10.00 sampai selesai.