Menggurat Visi Kerakyatan

Sunarlan: Renovasi Sekretariat untuk Meningkatkan Produktivitas Ormawa

756

Pada Kamis (19/09) Budi Santoso, yang saat itu masih menjabat sebagai Kepala Sub Bagian (Kasubag) kemahasiswaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember (FIB UJ) meminta seluruh ketua umum organisasi mahasiswa (ormawa) berkumpul. Ia menyatakan bahwa gedung ormawa akan direnovasi. Ormawa di FIB UJ berjumlah sepuluh. Gedung Sekretariat Ormawa FIB terletak di samping Kantin FIB.

Pada Minggu (22/09) sebagian Gedung Sekretariat Ormawa FIB sudah harus dikosongkan. Sekretariat yang akan direnovasi terlebih dahulu, yaitu Sekretariat Lembaga Kerohanian Fakultas (Lekfas), Himpunan Mahasiswa Televisi Film (Himafisi), Mahasiswa Pecinta Kelestarian Alam (Swapenka), Dewan Kesenian Kampus (DKK),  Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ideas, dan Badan Keluarga Mahasiswa Sejarah (BKMS).

Wakil Dekan III (WD III) FIB, Sunarlan mengatakan bahwa renovasi Sekretariat Ormawa FIB bertujuan untuk meningkatan kelayakan bangunan. Sunarlan berpendapat bahwa apabila Sekretariat telah direnovasi, maka produktivitas mahasiswa akan meningkat. “Menyangkut kelayakan. Nanti impact-nya kan ke produktivitas karena, ketika fasilitas baik, produktivitas semakin baik.” Kata Sunarlan pada Senin (21/10).

Sebelum renovasi Sekretriat Ormawa terealisasi, ada proses usulan dari WD III kepada WD II. Kemudian apabila usulan tersebut disetujui akan diajukan ke rektorat UJ. Proses selanjutnya yaitu menunggu persetujuan dari rektorat UJ. Sunarlan tidak menjelaskan tentang proses renovasi Sekretariat Ormawa, ia malah membahas pembangunan Lapangan FIB UJ. Sebelum dilaksanakan perbaikan lapangan, Sunarlan mengaku ada mahasiswa yang menyatakan perlu diadakan perbaikan lapangan. “Prosesnya harus ada usulan. Kalau dilihat-lihat gedung itu tidak pantas, baru diusulkan. Mana yang menjadi skala prioritas, gitu.” Kata Sunarlan.

Sunarlan menjelaskan proses pengusulan renovasi Sekretariat ormawa FIB dilakukan setahun yang lalu. Renovasi Sekretariat ormawa FIB diperkirakan akan selesai pada Desember 2019. Sunarlan mendapat informasi dari kontraktor bahwa renovasi Sekretariat FIB akan membutuhkan waktu selama dua bulan. “Sampai tahun ini selesai. Kalau saya tanya kemarin itu dua bulan.” Kata Sunarlan.

Sunarlan memandang bahwa tidak ada kendala dalam proses renovasi Sekretariat Ormawa. “Saya kira tidak ada.” Kata Sunarlan.

Sunarlan berharap bahwa setelah direnovasi Sekretariat Ormawa FIB akan mendorong mahasiswa untuk lebih produktif, karena Sunarlan merasa bangunan Sekretariat sudah layak untuk aktivitas ormawa FIB. Sunarlan juga berharap bahwa mahasiswa menggunakan Sekretariat hanya untuk keperluan kegiatan organisasi. “Ya harapan saya adalah pertama semakin layak. Yang kedua adalah aktivitasnya semakin bagus. Yang ketiga, produktivitasnya. Yang keempat, ini perlu garisbawahi, bukan seperti kos-kosan.” Kata Sunarlan. []

Penulis: Alvia Warda

Editor: Yuniar Putri