Menggurat Visi Kerakyatan

Screening Biasa Keliling, Perkuat Jaringan Sineas Jember-Yogyakarta

114

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Dewan Kesenian Kampus (DKK) Fakultas Sastra Universitas Jember (FS-UJ) kembali menggelar acara pemutaran film bertajuk “Screening Biasa Keliling” pada Minggu (09/03).  Kali ini DKK bekerjasama dengan Kelompok Kegiatan Mahasiswa Kamisinema Jurusan Televisi, Fakultas Seni Media Rekam, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Acara yang bertempat di halaman depan FS-UJ ini, dibuka dengan tarian Kembang Goyang khas Banyuwangi, dan dilanjutkan dengan pemutaran film produksi UKM DKK FS-UJ dan KKM FSMR ISI Yogyakarta.

Terdapat empat film yang diputar dalam satu malam. Film pertama berjudul “Make Up”, merupakan film produksi Seni Media Rekam UKM DKK FS-UJ yang disutradarai oleh Alfian Parahita. Selanjutnya, tiga judul film yang lain merupakan garapan mahasiswa ISI Yogyakarta, yaitu “Ajap Alit”, sebuah film omnibus dengan judul besar “Sudut Kota Bercerita”, serta “Rena Asih”, sebuah film berjenis drama musikal.

Terlaksananya acara screening biasa keliling yang mengusung tema “Cerita Orang Biasa dari Kota Istimewa” ini, berawal dari kerja sama antara mahasiswa FSMR ISI Yogyakarta dan UKM DKK FS-UJ. “Anak ISI dari Kamisinema yang menawarkan untuk pemutaran film di Jember, dan kami dari pihak DKK mengiyakan,” ungkap Adam Valiant, Ketua Panitia acara pemutaran film.

Adam juga menambahkan bahwa, perkenalan awal UKM DKK FS-UJ dengan KKM FSMR ISI Yogyakarta bermula sejak pertemuan keduanya pada sebuah film festival di Malang pada April 2013, dan berlanjut dengan kerjasama pemutaran film ini.

Pemutaran film ini kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab. Beberapa penonton yang sejak awal mengikuti seluruh rangkaian acara, terlihat antusias mengajukan pertanyaan. Bobby Tri Guntoro dari rumah produksi film Juvi Tim misalnya, “Jujur saya terharu banget sama ceritanya, terimakasih untuk ISI Yogya yang sudah menyempatkan datang,” ujar Bobby.

Setelah acara screening biasa ini, DKK FS-UJ juga memiliki agenda berkaitan dengan film. “Setelah ada acara ini, bakal ada diskusi film, analisis film, launching film, terus bulan depan ada produksi dari semua angkatan,” jelas Adam.[]

 

Penulis: Winda Chairunisyah Suryani
Editor: Siti Hanifa