Menggurat Visi Kerakyatan

PPMI Award 2014: Membangun Indonesia Berbasis Ekowisata Ramah Lingkungan

62

1888832_713555998664979_1021258590_oPPMI Award 2014

Seminar Nasional dan Kongres XII

 

A. ANUGERAH PENGHARGAAN
1. Kategori Mahasiswa secara umum dan pers Mahasiswa khususnya
Dalam kategori ini akan diberikan penghargaan untuk karya jurnalisitik mahasiswa yang turut memberitakan dan mengawal isu lingkungan. Dengan perincian sebagai berikut :

PPMI Kota/Dewan Kota & LPM Terbaik
Penghargaan diberikan kepada PPMI Kota atau Dewan Kota yang turut mengawal isu lingkungan dalam program kerja ataupun dalam karya terbitanya. Penilaian yang digunakan dalam penghargaan ini adalah kreatifitas, intensitas/kuantitas, serta keragaman program Pengurus PPMI Kota/Dewan kota maupun LPM anggota dalam mengawal isu lingkungan Hidup. Pengurus Kota mendeskripsikan segala upaya yang telah mereka lakukan dalam mengawal isu lingkungan, menyertakan tulisan-tulisan yang telah diterbitkan dan beragam program lainya.
Mekanisme Pelaksanaan: PPMI Kota/Dewan Kota atau LPM anggota PPMI menyerahkan deskripsi program kerjanya dalam satu periode kepengurusan berikut dengan realisasinya kepada panitia. Dianjurkan untuk menyertakan bukti-bukti tertulis atau gambar terkait acara atau tulisan yang dimaksud. Peserta lomba juga diminta untuk mempostingnya di berbagai jejaring sosial dan website lembaganya terkait event ini.
Pengumuman Nominator : Pada tanggal 22 Maret 2014 di Mataram.

2. Kategori Masyarakat Umum
PPMI memberikan penghargaan kepada aktifis, pegiat lingkungan, pecinta lingkungan, yang memiliki program konservasi terbaik. Mekanisme Lomba : Setiap PPMI Kota atau Dewan Kota merekomendasikan minimal satu nama masyarakat di daerahnya yang memiliki program konservasi lingkungan. Setiap nama yang direkomendasikan disertai narasi deskripsi (menyertakan foto atau dokumen pendukung) orang tersebut.
Pengumuman Pemenang: Pada tanggal 22 Maret 2014 di Mataram.

3. Kategori Lembaga Pemerintahan
Dalam kategori ini PPMI memberikan apresiasi kepada Lembaga pemerintahan yang memiliki program konservasi lingkungan terbaik. Deskripsi program kerja lembaga pemerintahan seluruh Indonesia yang memiliki program konservasi lingkungan diakomodir dan kemudian diseleksi. Lembaga pemerintahan yang memiliki program konservasi lingkungan terbaik akan mendapatkan penghargaan ini. Tujuan dari program ini adalah apresiasi kepada pemerintah untuk terus bekerja secara optimal, serta memberikan referensi program kerja yang baik kepada lembaga pemerintahan lainya.
Pengumuman Pemenang: Pada tanggal 22 Maret 2014 di Mataram

B. DESKRIPSI ACARA
1. Journalistics Fair & Competition
Journalistics Fair diadakan sebagai acara pameran atau show-up media-media yang di miliki mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dari berbagai daerah di Indonesia. Selain dari itu, pada kesempatan ini juga memberikan apresiasi karya jurnalistik mahasiswa, meliputi lomba esai dan lomba foto.

2. Pameran Produk Pers Mahasiswa
Syarat dan Ketentuan Umum:
a. Media yang dikumpulkan adalah media yang diproduksi oleh LPM (lembaga Pers Mahasiswa) dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.
b. Setiap LPM mengumpulkan maksimal 2 buah dari 2 terbitan terakhir dari masing-masing bentuk medianya. (Majalah, Buletin, Tabloit, Koran, Jurnal dan lain-lain).
c. Pengumpulan terakhir adalah 13 Maret 2014 cap pos.
d. Karya dikirim via Pos yang ditujukan ke Sekretariat PPMI Dewan Kota Mataram, Jalan Irigasi V Blok A No. 5B, Taman Sari, Ampenan Mataram 83118.
e. Jika memiliki media online, mohon mencantumkan alamatnya bersama kiriman media cetak.
f. Media yang dikirim hanya menjadi sample di waktu pameran. Jika ingin membagikannya ke pengunjung, dimohon dibawa sendiri saat Journalistics Fair berlangsung.

3. Perlombaan
A. Penulisan Esai Terbaik
Guna memberdayakan sisi intelektual mahasiswa dan kemampuan menulisnya, maka event ini dianggap sangat perlu. Peserta pada event ini adalah semua mahasiswa baik yang tergabung dalam wadah UKM jurnalistik ataupun tidak.

1. Mekanisme lomba dan ketentuan :
Setiap peserta berhak menyetorkan lebih dari satu karya tulis esai, dengan tema “Lingkungan Hidup sebagai Tempat Hidup Bersama”. Karya yang dikirim juga diposting di media sosial, blog atau website dengan menyertakan keterangan bahwa tulisan ini dilombakan. Peserta mengirimkan link tulisan ke panitian.

2. Ketentuan Mekanisme Perlombaan
1. Lomba bersifat perorangan.
2. Tema tulisan adalah “Membangun Indonesia Berbasis Ekowisata Ramah Lingkungan”.
3. Karya yang dikirim orisinil belum pernah dipublikasikan, bukan karya orang lain, bukan hasil jiplakan karya orang lain.
4. Boleh mengirim lebih dari satu esai.
5. Karya yang dilombakan di-upload via Facebook, dengan menandai setidaknya 20 orang teman, serta memberika keterangan bahwa karya tulis tersebut tengah mengikuti lomba. Peserta mengirimkan link tulisan kepada panitia lomba via email ppmiaward@ppminasional.org disertai konfirmasi via sms ke nomor 085 735 358 515 biodata diri peserta (nama lengkap, asal kampus, alamat rumah dan NIM).
6. Karya yang dikirim akan diunggah oleh panitia website www.ppminasional.org
7. Panjang tulisan minimal 6000 karakter termasuk spasi.
8. Masih tercatat sebagai mahasiswa aktif di kampus seluruh Indonesia.
9. Lomba ini bersifat gratis/tidak dipungut biaya.
10. Pengumuman lomba dilaksanakan di lokasi kongres (Mataram) dan peserta harus hadir di tempat atau dapat diwakilkan, pada tanggal 20 Maret 2014.
11. Penilaian semua karya dilakukan oleh juri independen yang dipilih oleh panitia dan hasil pemenang lomba tidak bisa diganggu gugat.

B. Lomba Karya Fotografi Lingkungan
1. Lomba bersifat perorangan ataupun perwakilan lembaga.
2. Aspek penilaian adalah kesesuaian antara desain dengan tema yang diangkat.
3. Tema lingkungan.
4. Karya yang dilombakan di upload via Facebook, dengan menandai setidaknya 20 orang teman, serta memberika keterangan bahwa karya tulis tersebut tengah mengikuti lomba. Peserta mengirimkan link tulisan kepada panitia lomba via email ppmiaward@ppminasional.org disertai konfirmasi via sms kepada nomor (085 735 358 515) biodata diri peserta (nama lengkap, Asal kampus, alamat rumah dan NIM)
5. Karya upload di www.ppminasional.com dengan menyertakan biodata diri (nama lengkap, Asal kampus, alamat rumah dan NIM) disertai dengan keterangan singkat tentang foto yang dilombakan.
6. Karya di upload dengan format JPEG.
7. membuktikan keontentikan karya dengan biodata diri (waktu pengumuman pemenang berlangsung).
8. Diperkenankan mengirimkan lebih dari 1 karya.
Karya yang dikirim orisinil, bukan karya orang lain, bukan hasil jiplakan atau copy-paste karya orang lain.