Menggurat Visi Kerakyatan

Pers Mahasiswa IDEAS buka pendaftaran anggota baru dan pelatihan jurnalistik untuk mahasiswa

123

Menjamurnya media baru dalam bentuk cetak dan daring, menjadi satu ancaman bagi pola distribusi informasi. Media-media semacam itu membawa keberpihakan pada kelompok ras, agama, atau kelompok tertentu saja. Menjadi pembaca yang teliti saja bahkan tak cukup. Pers mahasiswa sebagai media alternatif, dengan segala keterbatasannya berusaha menjawab tantangan itu.

Sebagai usaha meregenerasi ruang dialektika alternatif bagi mahasiswa, Lembaga Pers Mahasiswa Sastra (LPMS-IDEAS) kembali membuka pendaftaran anggota baru. Mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Jember angkatan 2013 dan 2014 yang akan bergabung bersama kami, diajak mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD). Pelatihan ini berguna untuk memberi ruang kreatif calon anggota baru, dalam menerbitkan media.

Pelatihan ini akan berlangsung selama tiga hari mulai 5 – 7 (Jumat – Minggu) Juni 2015. Selama pelatihan, peserta diajak diskusi dan bekerja kolektif dalam menerbitkan media. Rincian akan ada 6 sesi diskusi dan satu sesi latihan lapang.

Tiap sesi akan diisi oleh teman diskusi yang berpengalaman di bidangnya. Sri Wahyunik, jurnalis Harian Surya, akan berbagi soal teknik mengakses data dan narasumber selama ia menjadi jurnalis. Zumrotun Solicha, jurnalis kantor berita nasional Antara, akan berbagi soal teknik menulis berita yang mudah dipahami pembaca. Arimacs Wilander, fotografer kelompok media Jawa Pos, akan berbagi soal fotografi jurnalistik dan pengalamannya menjadi freelance media internasional.

Sebelum memulai pelatihan, peserta akan mendapat satu silabus dan buku pelatihan sebagai bahan diskusi. Pada akhir masing-masing sesi, peserta akan diajak mengaplikasikan materi diskusi dan berlatih. Kemudian di sesi terakhir, peserta akan diajak membuat satu media kolektif.

Informasi Pendaftaran:
Nurul Aini : 085746662294
Rosy DAS : 089504077613
Twitter : @Lpms_ideas
Web: Ideas.id

Download Formulir di sini