Menggurat Visi Kerakyatan

Peringati Hari Bumi, Mahasiswa di Jember Bersihkan Sampah di Jalan

32

Dalam memperingati Hari Bumi, ratusan mahasiswa dari berbagai  perguruan tinggi di Jember menggelar kampanye peduli lingkungan. Mereka melakukan longmarch  dan aksi bersih jalan dari kampus Universitas Muhammadiyah Jember, Bundaran gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jember, dan berakhir di double way Universitas Jember, pada Selasa (22/04).

Melalui aksi bersih jalan tersebut, mereka bermaksud menyampaikan pesan kepada khalayak untuk menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya dengan cara aksi damai dan bersih jalan. “Kalau untuk pesan kita lebih cenderung sosialisasi kepada masyarakat,” kata Febri Arisandi, koordinator aksi peringatan Hari Bumi.

Lewat momentum peringatan Hari Bumi ini, tambah Febri, masyarakat perlu melihat lebih dalam lagi mengenai kesehatan bumi saat ini. “Mari kita berjalan di sekeliling kota, ada berapa banyak sampah yang tercecer,” tuturnya.

Terdapat ratusan mahasiswa yang turut serta dalam aksi peringatan Hari Bumi. Menurut Febri yang juga merupakan mahasiswa Universitas Moch. Seruji, peserta aksi berasal dari Organisasi Pecinta Alam (OPA), komunitas, dan organisasi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jember.

Mereka menyediakan beberapa kantong dan mengumpulkan sampah plastik yang berserakan di sepanjang rute. Aksi kampanye lingkungan berlangsung tertib dan menjadi perhatian pengguna jalan.[]

Penulis: Kholid Rafsanjani
Editor : Siti Hanifa