Menggurat Visi Kerakyatan

LPMP Plantarum Lakukan Regenerasi Melalui Pekan Jurnalistik

70

Dr. Ir. Sri Hartatik, M.S., dosen sekaligus pembina Lembaga Pers Mahasiswa Pertanian (LPMP) Plantarum Fakultas Pertanian Universitas Jember (Faperta-UJ), secara simbolis memberangkatkan pengurus dan peserta kegiatan Pekan Jurnalistik (Pekjur) pada Jumat (07/03) sore. Mengusung tema “Berfikir untuk Kritis, Merdeka dan Demokrasi”, kegiatan penerimaan anggota LPMP Plantarum ini digelar di Dinas Perternakan Rembangan, Jember.

Selama tiga hari berturut-turut, peserta Pekjur menerima materi-materi jurnalistik secara bertahap, hingga pembuatan media atau bulletin sesuai kelompok yang telah ditentukan. Muhammad Husen Abdillah, salah seorang peserta mengungkapkan antusiasmenya selama mengikuti rangkaian kegiatan tersebut, “saya bisa mendapat ilmu teknik penulisan berita, fotografi, juga manajemen redaksi. Materinya asik banget, belum pernah saya dapat sebelumnya,” ujarnya.

Pekjur merupakan agenda pertama dalam kepengurusan baru LPMP Plantarum. “Ini acara pertama kepengurusan yang baru. Ternyata yang daftar lumayan banyak, sekitar 31 peserta,” ungkap Nur Maida,  Pimpinan Umum LPMP Plantarum periode 2014-2015.

Sementara itu, jumlah peserta yang mencapai 31 orang dianggap merupakan sebuah keberhasilan yang jarang terjadi dalam rekruitmen anggota baru Lembaga Pers Mahasiswa. “Karena sebelumnya belum pernah mendapatkan anggota yang sebanyak ini. Ini juga menjadi sebuah tantangan  karena mereka (LPMP Plantarum) di kepengurusan baru ini, mencoba kembali membangun dari nol lagi,” ungkap Dian Teguh Wahyu Hidayat, mantan Sekjen PPMI kota Jember.

Selanjutnya, Nur mengungkapkan harapan besarnya kepada pengurus dan peserta yang telah memutuskan untuk berproses di LPMP Plantarum agar, “mereka lebih bertanggung jawab dengan apa yang mereka pilih, dan loyal. Juga untuk pengurus dari acara pertama ini, bisa mengakrabkan diri antara pengurus kemarin-kemarin yang mulai jadi anggota tetap,” imbuhnya.[]

 

Penulis: Fahmi Hilmy Abdillah
Editor: Siti Hanifa