Menggurat Visi Kerakyatan

Kenang Chairil Anwar Lewat Pentas Pertunjukan Kesenian Lokal

63

Untuk mengenang sastrawan Chairil Anwar, Fakultas Sastra Universitas Jember (FS-UJ) menampilkan beragam seni pertunjukan lokal. Bertempat di halaman FS-UJ pada Jumat (23/05), pentas pertunjukan dimeriahkan oleh penampilan musik Panjak yang dimainkan oleh siswa SD Negeri Watukebo 1 Rogojampi Banyuwangi, tari Jejer Gandrung dari Banyuwangi,  pertunjukan musik dari Dewan Kesenian Kampus, hingga perpaduan musik etnik dan modern oleh Kemlaka Etnik Musik dari Solo, Jawa Tengah.

“Pekan chairil anwar ini diadakan sengaja untuk mengenang sastrawan Chairil Anwar.” Kata Fajar Adi, panitia pelaksana kegiatan. Dosen FS-UJ itu juga menyebutkan bahwa pertunjukan tersebut merupakan rangkaian kegiatan tahunan Pekan Chairil Anwar yang diselenggarakan oleh FS-UJ.

Yang terpenting, kata Fajar, pihaknya mengharapkan bahwa acara ini tidak hanya menjadi pemanis layaknya pesta perayaan pada umumnya. “Kita berharap dengan adanya agenda ini mahasiswa dan civitas akademika itu bisa tertular pemikiran chairil anwar, kemudian dari segi kreatifitasnya,” tambah Fajar.

Konsep pentas pertunjukan yang menampilkan perpaduan musik etnik dan modern pun menjadi titik berat bagi panitia penyelenggara. Lewat perpaduan tersebut, Fajar menegaskan bahwa lewat momen ini, pihaknya bermaksud untuk Menggagas ulang seni tradisi lokal di era kekinian. “Tahun ini kami punya konsep untuk merekonseptualisasikan seni dan budaya lokal, baik dalam pemikiran maupun kreatifitas. Kami juga ingin menampilkan bagimana kesenian ini ya masi memang menjaga tradisinya,” tandasnya.[]

 

Penulis: Kholid Rafsanjani