Menggurat Visi Kerakyatan

Karnaval Musik Patrol UKMK, Menjaring Sejumlah Komunitas Patrol di Jember

93

Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian (UKMK) Universitas Jember kembali mengadakan Carnaval Musik Patrol (CMP). CMP merupakan acara tahunan sejak tahun 2000 yang diadakan setiap bulan Ramadhan. Pada tahun ini merupakan CMP yang ke dua belas, acara berlangsung mulai Sabtu malam hingga minggu dini hari (19-20/07).

Mengusung tema ‘Senandung Nada dalam Ramadhan’ karnaval berhasil mengumpulkan sebelas peserta yang  berasal dari berbagai komunitas patrol di Jember. Seperti disampaikan Pramodya Ardhi Krisna, Ketua UKMK, “Sampai terakhir ini jumlahnya ada sebelas peserta. Semua berasal dari wilayah Jember.”

Pramodya juga menjelaskan, target peserta karnaval patrol sebenarnya untuk kalangan umum. Namun kebanyakan peserta berasal dari komunitas patrol yang sudah ada di Jember. “Ada pula satu kelompok peserta karnaval dari SMP,” tambahnya.

Antusiasme warga juga terlihat dari banyaknya penonton yang menyaksikan karnaval di double way Univeritas Jember sebagai start karnaval. Tak hanya di double way, sepanjang jalan menuju finish diramaikan oleh warga yang menyaksikan atraksi peserta karnaval. Karnaval pun berakhir di alun-alun kota Jember. Selain pertunjukkan dari peserta karnaval, turut ditampilkan tarian tradisional dan berbagai penampilan kelompok musik dari UKM Kesenian Jember sebagai pendukung.[]

 

Penulis: Nurul Aini