Menggurat Visi Kerakyatan

Gelar Pameran Fotografi, Tumbuhkan Apresiasi Karya

82

Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian (UKMK) Universitas Jember (Unej) kembali merekatkan pegiat fotografi. Lewat acara ‘Launching Film dan Album Mini’ yang dimulai pada Minggu (16/2) kemarin, UKMK menyelenggarakan pameran foto. Acara yang bertempat di gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unej itu pun, berhasil menarik perhatian publik.

Lewat acara bertajuk ‘Malam Cinta dan Kelahiran’ itu, UKMK bermaksud untuk menghadirkan ruang apresiasi karya fotografi di kota Jember. Muhammad Satria Resa, ketua panitia pelaksana mulanya melihat minat fotografi di Jember, “Pastinya berkembang, tapi mereka belum bisa kembangkan mau ke mana tujuan mereka berkarya. Karena di Jember minim banget media apresiasi mereka (para pegiat foto),” Kata Resa.

Namun secara spesifik, panitia tidak memberi batasan tematik untuk karya fotografi yang dipamerkan. Tujuannya agar lebih banyak eksplorasi karya fotografi yang bisa diapresiasi oleh publik. Hal ini pun ditegaskan oleh Ibnu Wicaksono, panitia tim kreatif kegiatan, “Kita memang mengarah ke eksplorasi karya dari peserta.”

Karya foto yang dipamerkan pun sangat beragam. Mulai dari karya foto eksperimental, human interest, olahraga, panorama, hingga foto model. Berbagai foto yang dipamerkan pun tak hanya berasal dari mahasiswa Unej saja. Namun ada beberapa foto karya peserta workshop fotografi yang UKMK adakan pada Minggu (16/2) lalu.

Pameran foto yang berlangsung hingga Senin (17/2) ini pun ditutup dengan sentuhan pertunjukan musik. Berbagai UKM yang bergiat di bidang kesenian, pers mahasiswa, dan sebagainya pun turut meramaikan acara penutup. Tak hanya dari kalangan mahasiswa, panitia pun mengundang pelajar SMA dan Sederajat di Jember untuk turut serta dalam acara Launching Film dan Mini Album, serta pameran foto tentunya.[]