Menggurat Visi Kerakyatan

Adakan Lomba UKM Sehat, Persiapkan Mahasiswa Menuju Dunia Kerja

63

Untuk mempersiapkan mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Jember (FS-UJ) dalam menghadapi dunia kerja, Drs. Wisasongko, MA, Pembantu Dekan III FS-UJ, mengadakan Lomba UKM Sehat. Lewat agenda ini, Wisasongko akan memberi penilaian terhadap kinerja semua Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang bernaung di FS-UJ. Sebagai langkah awal, Wisasongko telah mengadakan sosialisasi mengenai agenda ini kepada semua perwakilan Ormawa, Kamis (27/02).

Lewat agenda UKM Sehat ini, Wisasongko menetapkan beberapa kriteria penilaian untuk semua Ormawa di FS-UJ. Salah satunya, Ormawa harus memiliki porsi jam kerja dalam satu hari. Wisasongko merujuk pada porsi jam kerja kantor pada umumnya. “UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) itu dianalogikan sebagai sebuah kantor, dan idealnya jam kerja di kantor-kantor itu ‘kan 8 jam,” kata Wisasongko kepada Ideas ketika ditemui di ruang kerjanya.

Selain itu, ketertiban administrasi tiap Ormawa di FS-UJ juga menjadi salah satu kriteria penilaian. Wisasongko juga bermaksud untuk menjadikan lingkungan Ormawa sehat secara administrasi dan personal. “Karena idealnya UKM itu sehat dari berbagai segi. Sehat dari dari segi prestasi, sehat dari segi administrasi, sehat dari segi personal juga,” tandas Wisasongko.

Wisasongko menambahkan, tujuan lain adanya Lomba UKM sehat adalah sebagai strategi persiapan menuju Asean Economic Community (AEC), sebuah kerjasama negara-negara ASEAN di bidang ekonomi di tahun 2015 nanti. Mahasiswa FS-UJ, kata Wisasongko, tentu akan menghadapi AEC ketika lulus dari bangku perkuliahan. “Tahun 2015 ini kan sudah akan dimulai Asean Economic Community, sehingga nantinya tenaga kerja itu akan bisa bekerja di seluruh negara Asean,” ungkapnya.

Maka dari itu, Wisasongko bermaksud untuk meningkatkan potensi mahasiswa yang bergiat di Ormawa, agar mahasiswa FS-UJ memiliki kualitas keja yang matang. “Kemudian ini nanti (Asean Economic Community) yang menentukan adalah kualitas dari tenaga kerja. Sehingga nanti (mahasiswa) diharapkan ketika lulus sudah terbiasa dengan bekerja atau mengelola kantor,” tambahnya.[]

 

Penulis: Kholid Rafsanjani
Editor: Siti Hanifa