Menggurat Visi Kerakyatan

Pembukaan PK2 UJ Diikuti oleh 6.362 Mahasiswa

66

Senin (10/08) sebanyak 6.362 Mahasiswa baru Universitas Jember mengikuti Pelantikan Mahasiswa Baru dan Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) di Stadion Universitas Jember (UJ).

Pelantikan Mahasiswa dan Pembukaan PK2 dilaksanakan dengan melangsungkan upacara bendera. Selanjutnya akan disusul oleh rangkaian acara PK2 selama seminggu mulai dari tanggal 10 Agustus sampai tanggal 16 Agustus.

Para mahasiswa baru yang mengikuti upacara tersebut terdiri dari 5.842 mahasiswa Program Sarjana dan 520 mahasiswa Program Diploma Tiga. Tapi menurut Moh. Hasan selaku Rektor UJ, jumlah mahasiswa itu masih bisa bertambah karena masih ada Program Afirmasi Pendidikan Tinggi untuk mahasiswa dari Papua dan Papua Barat.

Selain itu dalam sambutannya, Hasan juga menegaskan bahwa bukan kali ini saja ada mahasiswa dari luar daerah. Tapi ada beberapa mahasiswa dari daerah termaksud dari negara lain yang pernah menjalani studi di UJ.

“Semester lalu ada beberapa mahasiswa dari negara lain yang kuliah di Universitas Jember,” ungkap Hasan dalam sambutannya.

Jumlah mahasiswa yang masuk pada tahun akademik 2015-2016 di UJ semakin bertambah. Seperti yang diungkapkan Amien Rosyadi, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian yang menjadi salah satu panitia PK2 tersebut. Amien mengatakan bahwa setiap tahun mahasiswa baru yang masuk ke UJ semakin banyak.

“Contohnya di fakultas saya, tahun kemarin sekitar 280 mahasiswa baru yang masuk. Tapi tahun ini ada 343 mahasiswa baru yang masuk. Sampai ruang kuliahnya tidak cukup,” ujar amin ketika ditemui setelah upacara selesai.

Upacara pembukaan PK2 yang ditutup dengan pelepasan balon ke udara ini berjalan lancar walaupun ada beberapa mahasiswa yang datang terlambat.