Menggurat Visi Kerakyatan

Harapan Budayawan Ayu Sutarto dalam Tasyakuran 16 Tahun USK Pinggir Kali Bedadung

117

“Namanya saja yayasan Untukmu Si Kecil. Diperuntukkan anak kecil, anak orang-orang kecil yang berpenghasilan kecil namun dengan mimpi besar,” ungkap Prof. Ayu Sutarto, budayawan Universitas Jember sekaligus pendiri yayasan Untukmu Si Kecil (USK) dalam acara tasyakuran hari lahir USK Pinggir Kali Bedadung ke-16 tahun pada Sabtu (22/03) kemarin.

Prof Ayu Sutarto pun berharap di usia ke-16, USK Pinggir Kali Bedadung bisa konsisten memberi yang terbaik untuk anak-anak dalam mengenyam pendidikan. “Untuk USK semoga bisa menghasilkan orang. Kesulitan kami dari dulu kan masih klasik. Pendanaan. Semoga selalu ada rezeki untuk anak-anak.” Ayu menambahkan harapan untuk anak didiknya, agar menjadi anak yang berjiwa sosial tinggi, sukses dan berguna bagi masyarakat. “Harapan saya anak-anak itu bisa jadi orang, itu saja,” tambahnya.

Acara tasyakuran bertempat di halaman rumah belajar USK Pinggir Kali Bedadung di Jalan Sumatra Gg. VI No. 35 Jember. Ayu pun sengaja mengundang beragam kalangan, mulai dari warga sekitar, anak didik USK, relawan pengajar, wartawan, pengajar, dosen,  sampai ketua persatuan pengajar Jember, untuk hadir dalam acara tasyakuran ini.

Rangkaian acara tasyakuran ini dibuka dengan keceriaan anak-anak lewat penampilan tari Goyang-Goyang. Tarian ini dibawakan anak didik USK Pinggir Kali Bedadung sendiri sebagai simbol ungkapan selamat datang bagi para tamu.  Selain itu, anak didik USK Pinggir Kali Bedadung juga menyuguhkan tari Wayang-Wayang. Pada tarian ini permainan tradisional egrang dimainkan secara luwes oleh para penari cilik laki-laki dan perempuan.

Dari kedua tarian ini USK Pinggir Kali Bedadung hendak menunjukkan konsistensinya untuk mengenalkan kembali permainan tradisional pada anak-anak. ”Kami juga mengenalkan nilai-nilai permainan tradisional yang mulai dilupakan masyarakat. Itu tujuan awal kami selain pendidikan baca tulis,” tutur  Ayu.

Selain dihibur anak didik USK ada pula pembacaan puisi dari relawan pengajar USK Pinggir Kali Bedadung. Tidak mau ketinggalan, ibu-ibu pemenang lomba karaoke USK Pinggir Kali Bedadung pun turut bernyanyi untuk menghibur tamu undangan. Serta pembagian doorprize untuk tamu dan bingkisan bagi peserta didik.

Acara yang dimulai sekitar pukul 14.30 berakhir pada pukul 17.50. Dengan rangkaian acara pemotongan tumpeng, sebagai simbol syukur 16 tahun yayasan USK tetap konsisten melakukan kerja sosial.[]

 

Penulis: Nurul Aini
Editor: Kholid Rafsanjani